Tips Sehat Berolahraga Disaat Berpuasa

herbal3

Pengguna

herbal 3

Sabtu, 06 April 2019 09:55:47

Mau Tau Tips Sehat Berolahraga Disaat Berpuasa? Simak Informasi Berikut

Syifa Herbal Alami Biasanya orang akan menjadikan puasa sebagai alasan untuk tidak berolahraga. Justru sebenarnya puasa bukan halangan untuk tetap melakukan olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh. Berolahraga saat puasa juga dapat menjadi kesempatan untul lebih banyak membakar kalori sehingga dapat menurunkan berat badan saat puasa. Tentu hal ini merupakan hal yang positif. Namun, tentu perlu memperhatikan waktu dan intensitas olahraga saat berpuasa agar tidak mengganggu puasa kita.



Berikut adalah tips sehat berolahraga saat berpuasa:

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Pemilihan waktu yang tepat adalah hal yang pertama kali harus diperhatikan saat akan berolahraga. Kapanpun mau berolahraga sebenarnya sah sah saja tergantung kebugaran masing masing orang. Maka dari itu perlu mengenali terlebih dahulu daya tahan tubuh jangan sampai merasa lemas setelah berolahraga dan mengganggu puasa. Jadi kapan waktu terbaik melakukan olahraga saat puasa? dan jawabannya adalah sebelum berbuka puasa, setelah berbuka puasa dan setelah sahur.

2. Pilih Jenis Olahraga Yang Ringan

Saat perut dalam keadaan kosong, tidak diperbolehkan untuk melakukan olahraga yang membutuhkan tenaga ekstra seperti angkat beban dan semacamnya. Yang terpenting jangan menjadikan olahraga sebagai kewajiban karena harus melakukannya dengan santai dan dinikmati. Tidak perlu melakukannya setiap hari karena nanti kamu akan terbebani dan mengganggu puasa.


Hindari juga melakukan olahraga yang dapat membatalkan puasa seperti berenang. Untuk olahraga diluar, pastikan memilih tempat untuk melakukannya yang banyak pepohonan. Sebab hal ini dapat membantu terhindar dari rasa haus yang berlebihan.

Jenis olahraga yang dapat dilakukan saat berpuasa adalah, bersepeda, joging, senam aerobik dan zumba serta yoga.

3. Perbanyak Minum

Dehidrasi dapat terjadi saat berolahraga apalagi jika melakukan olahraga yang berat dan saat cuaca panas. Asupan cairan yang dibutuhkan setiap hari adalah 1,5 hingga 2 liter. Selain itu, disarankan juga untuk membatasi aktivitas fisik di siang hari untuk mencegah dehidrasi. Melakukan olahraga yang banyak mengeluarkan keringat di siang hari saat puasa dapat menyebabkan dehidrasi terlebih jika asupan cairan tubuh kurang. Hal tersebut dapat mengganggu puasa.

4. Perhatikan Asupan Makanan

Waktu makan di bulan puasa agak berubah dibandingkan hari biasa. Selain itu porsi makan mungkin juga berubah tetapi disarankan untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah yang sama seperti hari biasa. Dan tentu harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi mengandung zat gizi karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral agar kebutuhan zat gizi dalam tubuh terpenuhi.

Karbohidrat merupakan energi utama bagi tubuh. Karbohidrat dapat mengembalikan kadar glukosa darah yang menurun saat berpuasa. Makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks dan serat diperlukan karena dapat membantu melepaskan energi secara perlahan sehingga energi dalam tubuh tidak cepat habis.


Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi saat berbuka puasa dapat memaksimalkan cadangan glikogen otot dan kemudian mengonsumsi makanan yang mengandung lemak saat sahur dapat memperlambat proses pencernaan sehingga perut tidak cepat kosong.

Selain karbohidrat, protein juga sangat diperlukan oleh tubuh. Konsumsilah makanan yang mengandung protein tinggi seperti ikan, daging dan telur. Protein membantu memulihkan dan memperbaiki sel sel otot yang rusak ketika berolahraga.

5. Perhatikan Waktu Tidur

Untuk menjaga tubuh tetap sehat saat bulan Ramadan, waktu tidur harus cukup. Orang dewasa memerlukan waktu tidur sekitar 7-9 jam perharu. Waktu tidur yang kurang dapat mempengaruhi kinerja tubuh.

6. Pangkas Waktu Olahraga

Berapa lama waktu yang biasa digunakan untuk berolahraga dalam satu hari? 60 menit, 30 menit? Saat bulan puasa, anda harus memangkas waktu olahraga sehari hari. Jika biasanya berolahraga selama 60 menit, saat sedang puasa cukup berolahraga selama 45 menit. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubh agar tidak terlalu letih dan menjaga puasa.

Reply


Silahkan login terlebih dahulu